Young Executive

Kita seringkali mendengar kata eksekutif, apalagi eksekutif muda. Profesi ini tentu menjadi impian banyak orang dan ternyata semua orang bisa menjadi eksekutif sukses di bidangnya.
Eksekutif adalah semua karyawan
yang karena ilmu atau jabatannya mampu memberikan kinerja atau output
yang positif bagi organisasi.
Artinya, Eksekutif tidak terbatas pada jabatan Direksi atau Manajer
saja, bahkan Kepala Ruangan Keperawatan, atau Kepala Unit Cleaning
Service, yang mampu memberikan pelayanan yg memuaskan bagi pasiennya
di RS adalah juga seorang Eksekutif.

Ciri Eksekutif yg terpenting adalah "...To get the right things Done".
Bagaimana dia menyelesaikan pekerjaannya secara baik dan tepat dalam
waktu yang tepat.
Seorang eksekutif tidak bertanya:"Apa saja yg harus dikerjakan?" ,
tetapi bertanya:" Apa yang saat ini harus dikerjakan!" . Lalu akan
menilai "...dari semua masalah yang bisa membuat perubahan, mana yang
cocok untuk saya?" . karena mereka tak akan menangani masalah yang
mereka tidak kuasai, mereka hanya memilih yg mereka kuasai saja.
Mereka akan melepaskan masalah lain tadi pada orang yg tepat dan
menguasai bidang tsb. Mereka tidak takut mempunyai bawahan yang jauh
lebih pandai dari mereka.

Mereka harus berlatih untuk menguasai lima (5) hal yg sangat penting
agar menjadi efektif. Latihan harus dilakukan setiap saat, sehingga
kelima hal tsb menjadi habits, seperti mengemudi mobil yg kita lakukan
tanpa berpikir lagi, sudah menjadi otomatis dalam kegiatan kita.
Kelima hal tsb adalah:

1. Manajemen Waktu
2. Fokus Upaya anda agar bisa memberi kontribusi pd siapa saja
3. Membuat kekuatan kemampuan anda menjadi produktif bagi organisasi
4. Konsentrasi upaya pada kegiatan terpenting yang menghasilkan hasil
yg terbaik dan terbesar,
5. Membuat keputusan yg efektif.

Hal pertama dan keempat adalah kunci bagi seorang Eksekutif yg efektif.

Jumlah pekerjaan dan masalah sangat banyak, tetapi waktu terbatas,
sehingga manajemen waktu adalah mutlak bagi eksekutif. Mulai dengan
menghilangkan waktu yg digunakan untuk kegiatan tak bermanfaat (nonton
TV, telenovela, dll).
Setelah waktu anda terbebas dari waktu yg tak berguna, lalu
konsentrasi pada kegiatan yg memberi hasil yg terbesar.
Juga pusatkan agar anda bergerak dgn kekuatan anda, atau anak buah
anda, dengan memilih tugas yang paling sesuai dengan keahlian anda.
Bidang yang tak begitu anda kuasai agar diserahkan pada orang lain
yang ahli dan mampu pada bidang tersebut. Jangan takut mempunyai
bawahan yang lebih pandai, karena justru mereka yg pandai itulah yang
akan mengangkat anda ketempat yg lebih tinggi.

Hal terakhir adalah pembuatan keputusan yg efektif. Disini anda
membutuhkan pemetaan masalah dan spesifikasi keputusan yg efektif. Dan
keputusan tidak akan berguna sebelum hal itu dijalankan, dan dilanjuti
dengan umpan balik dari pelaksanaan kegiatan tsb

"Seorang eksekutif yang ingin mencapai sukses harus memiliki lima kunci sukses yaitu:
*> target karier
*> kompetensi
*> konsistensi
*> koneksi
*> komitmen

Pertama-tama, untuk menjadi seorang eksekutif andal, dibutuhkan target karier yang ditulis dengan memetakan imajinasi atau lebih dikenal dengan mind mapping. Satu jalur untuk setiap target.

Setelah memetakan target, perlu meningkatkan kompetensi yang kita miliki di bidang tersebut. Kemudian, secara konsisten mengembangkan kompetensi tersebut. Setelah matang secara kompetensi, kita perlu mencari koneksi tempat bekerja yang cocok dengan kompetensi yang dimiliki. Setelah itu, kita harus memiliki komitmen dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

Dan untuk bisa bertahan di tempat kerja yang baru diperlukan dua tips and trik. Pertama, kenali tempat Anda melamar kerja kemudian ubah diri Anda dan sesuaikan dengan budaya tempat Anda bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar